Tips Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Bunyi dan Gacor

Burung Pleci memang pada tahun ( 2011-2012 ) burung Pleci ini sedang menjadi populer Idola di para pengemar burung berkicau. Nah selain harganya yang murang (kalau di tempat saya Cuma 10rb) dan burung ini pun juga sering di ikut dalam lomba-lomba burung berkicau, sehingga burung ini paling banyak di pelihara oleh para pehobi burung. Banyak cara agar membuat burung rajin berkicau, yang penting dalam pemilihan burung harus benar-benar selektif.
Tips Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Bunyi dan Gacor

Tips Burung Pleci Biar cepat gacor/ngoceh dan berbunyi
Pada dasarnya burung pleci ini sangat mudah untuk berbunyi dan menurut saya tidak ada perawatan yang khusus untuk burung pleci ini agar cepat bunyi. Erikut perawatan untuk burung pleci anda.
1. Pagi hari / subuh coba keluarkan burung pleci ( di embunkan hingga keluar sinar mataharimenghangatkan tubuhnya secukupnya.
2. Mandikan burung pleci dengan semprot/sprey yang lembut atau sesuaikeinginan hingga basah, biasanya dalam memandikan dengan semprot coba sediakancepuk atau tempat minum burung tersebut jangan di lepas, biasanya begitu badan dia basah dia akan mandi di tempat tersebut.
3. Setelah mandi hingga basah, jemur secukupnya akan tetapi biarkan hanya air minum saja yang ada di dalam sangkar.
4. Kira-kira setengah jam, angkat pleci dan taruh ditempat yang teduh, berikan ulat hongkong kecil yang berwarna putih ( 2-3 ulat hongkong yang sedang ganti kulit ) tapi sebelumnya beri makan berupa buah baik pisang maupun buah lainnya juga boleh atau voer juka sudahmakan voer.
5. Untuk serangga bisa juga menggunakan ulat kandang, jangkrik yang kecil, atau kroto( kroto jangan setiap hari dan jangan banyak-banyak pemberiannya ).
6. Boleh juga dengan memberikan madu ditempatkan khusus atau tempat yang kecil, atau bisa juga anda memberikan madu dengan mengolesnya di buah pisang tersebut ( biasanya, jika sudah ada madu, pisang tidak akan dimakan )
7.Setelah itu biarkan hingga sore menjelang, sore boleh di mandikan sesuai kebutuhan.
8. Burung pleci anda saat itu setelah di mandikan, jemur, dan diteduhkan.

Cara Merawat pleci jawara ala Ikhsan Jakarta
Menstabilkan performa burung pleci atau burung kacamata adalah persoalan utama yang selama inidirasakan para plecimania. Bagaimana mengondisikannya? Ikhsan, kicaumania dari Paris Team berbagitips.Menurut pria pengorbit beberapa pleci jawara ini, hal yang perlu diketahui adalah bagaimana karakter sebenarnya burung tersebut. Sifat burung yang kerap bergerombol di habitatnya membuat burung merasanyaman bila dalam kesehariannya didekatkan dengan burung sejenis.“Makanya, kalau malam direndeng saja dijadikan satu tidak usah dikerodong. Biarkan saling melihat satusama lain,” ungkap Ikhsan yang sukses mengorbitkan beberapa pleci jawaranya seperti Bourju, Si Hitam,Si Putih dan Bejo ini kepada Agrobis Burung (Agrobur)

Jadi, dalam kesehariannya tidak perlu dikrodong. Kecuali menjelang dibawa ke lapangan, burung tetap perlu ditutup. Hal yang lebih penting lagi, menurut Ikhsan, air minum maupun pakannya harus digantisetiap harinya – bahkan sehari bisa 2-3 kali, karena burung pleci kalau mandi cukup di cepuk tempatminumnya. Dengan demikian dalam sehari harus diganti beberapa kali supaya burung lebih nyaman.

Mengenai pola rawatan burung yang dia lakukan selama ini, dia mengatakan dimulai dari penjemuran burung satu atau dua jam kemudian dianginkan di tempat sejuk. Selanjutnya burung dibiarkan mandi dicepuk tempat air minumnya. Selesai burung mandi, air segera diganti dengan yang baru. Begitu pakannya,isi dengan yang baru.Untuk memaster burung ini, dia selama ini cukup menggunakan burung kecil seperti kenari, kolibri jugadengan tonjolan lovebird.

Faktor yang lainnya kenapa burung Pleci cepat gocor adalah karakter dari burung itu sendiri yang sudah mempunyai bakat bagus dan rajin berkicau, serta umurpun bisa menjadi patokan, karena bila umur burung lebih dewasa dia akan rajin berkicau dengan sendirinya.


Itu dia sedikit referensi Tips Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Bunyi dan Gacor bagi anda yang mempunyai Burung Pleci semoga bisa bermanfaat bagi anda. sekian.

Sumber : ardiyantobay


2 comments:

Pasar Aneka said...

Sip mas, bisa dipraktekkan nih...
Salam kenal... mampir blogku mas

Wayan Kuansing said...

permisi om,. artikel yang sangat berguna bagi pecinta burung, kami juga memiliki blog niche burung semoga saja mimin niat kunbal. . .

kalo mau kunal kesini ya om.... http://eldiariodehowaito.blogspot.com/

Post a Comment