Memilih burung pleci yang bagus

Memilih burung pleci yang bagus. Pleci merupakan salah satu jenis burung yang mampu berkicau dan cukup sering diperlombakan dalam kontes burung kicauan. Kebolehan si burung dalam berkicau memang tidak perlu diragukan lagi sebab sifatnya mudah sekali berkicau pada saat burung pleci tersebut dipertemukan dengan jenis burung lainnya. Karena kelebihannya tersebut maka pleci cukup membuat penggemarnya juga sebanding dengan jenis burung kicauan lainnya yang lebih dulu dikenal oleh pecinta burung. Yang sangat mengejutkan dari pleci ini adalah julukannya yang seringkali dijuluki burung berkaca mata sebab matanya bulat, lebar dan lebih mirip seperti orang menggunakan kaca mata.

burung pleci


Pada saat anda ingin membeli burung pleci untuk diikutsertakan dalam perlombaan burung kicau, maka penting bagi anda mengetahui cara memilih burung jenis pleci yang bagus sehingga pada saat tampil perlombaan dapat menghasilkan kicauan sempurna karena tak takut dengan kicauan burung lainnya. Langkah pertama adalah lihat bagian bulunya terlebih dahulu, pilihlah warna bulu yang masih bersih namun terlihat kontras. Pleci yang berkelamin jantan, umumnya memiliki mata lebih besar jika dibandingkan dengan betinanya yang memiliki mata menonjol keluar.

burung pleci


Burung yang baik, pada saat berada dalam sangkar gerakannya akan terlihat lincah, tidak canggung jika bertemu dengan orang asing. Postur tubuhnya panjang, kakinya jenjang dengan kepala besar dan paruh yang panjang dan besar. pada bagian kelamin burung pleci jantan ini agak menonjol dari perutnya, yakni sekitar 30 hingga 80 derajat. Pada bagian lingkar kacamatanya lebih besar jika dibandingkan dengan pleci betina dengan warnanya yang putih bersih. Selain memperhatikan cara mengetahui pleci jantan, maka ada baiknya jika memperhatikan tampilan fisik si pleci ini. Sangat penting mengetahui tampilan fisik pleci sebab bisa jadi kita akan tertipu ketika memilih pleci yang berkaca mata namun kicaunya tidak maksimal.


burung pleciPleci yang bagus fisiknya adalah memiliki ukuran kepala lebih besar dengan dahi yang menonjol. Pada bagian lehernya terlihat lebih panjang, berisi dan tebal. Jangan lupa perhatikan bagian ekornya yang panjang, rapi dan tidak berantakan. Burung pleci yang bagus juga memiliki dada besar dan bidang, ini artinya burung tersebut pemberani dan tidak canggung jika bertemu manusia. Matanya bulat bak kacamata serta melotot. Pilih sayap yang lebar, mengapit rapat dan simetris. Burung yang bagus tidak mudah loyo jika sedang berdiri, melainkan yang tegak. Ukuran badannya seimbang dengan kakinya, ekor dan leher. Jika ukuran tubuhnya tidak seimbang, maka jangan memilih burung tersebut.
Umumnya pleci yang berumur tua, jangan diikutsertakan dalam lomba agar tidak mudah lelah dan kalah kicauannya dengan burung pleci lainnya. Bahkan yang sudah dilatih pun, tidak akan mampu mengeluarkan suara kicauannya. Maka penting bagi anda yang ingin membeli jenis burung ini dengan memperhatikan usia. Pilihlah yang berumur mudah sebab lebih memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut diantaranya adalah jinak jika bertemu manusia sehingga mampu melakukan adaptasi dengan baik. Nafasnya juga cukup panjang, yang memungkinkan burung tersebut mampu membawakan nada yang banyak tanpa takut kecapaian.
burung pleci
Memilih burung pleci yang berumur mudah juga memiliki keuntungan seperti mudah jika ingin membentuk karakter si burung sesuai dengan yang anda inginkan jika dibandingkan burung yang sudah berumur tua. Tingkat stresnya tergolong masih rendah jika dibandingkan pleci tua sehingga akan mudah jika melatih suaranya gar seperti master. Demikian tips dari saya bagaimana Memilih burung pleci yang bagus


No comments:

Post a Comment