Cara Merawat Burung Pleci Anakan

Cara Merawat Burung Pleci Anakan. Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicauan. Burung yang biasanya berwarna hijau ini juga cantik sebagai penghias rumah. Oleh karenanya, burung ini juga sering dibisniskan. Untuk mendapatkan keuntungan terhadap burung ini, anda bisa menangkarnya. Setelah itu, burung pleci anakan dapat anda rawat agar nantinya tumbuh sebagai burung pleci yang mempunyai kicauan merdu. Burung pleci dengan kicauan yang merdu biasanya dihargai mahal. Jika anda berminat memelihara burung pleci, ada baiknya jika anda mengetahui cara merawatnya sejak masih anakan.
Burung pleci anakan

Burung pleci sering juga disebut dengan burung kacamata. Ini dikarenakan secara fisiologis, terdapat warna putih melingkar di bagian mata. Burung ini berasal dari daerah tropis. Sayapnya melingkar dan memiliki kaki yang kuat. Ukurannya termasuk kecil dengan panjang hingga 15 cm. Warna bulunya biasanya hijau keabu-abuan. Makanan dari burung pleci antara lain serangga, buah-buahan kecil dan nektar. Jika bertelur bisa sampai 2 hingga 4 butir sekaligus. Burung pleci anakan yang menetas dari telur dapat terbang dalam beberapa hari kemudian. Inilah yang membuat banyak anakan yang terdampar di pohon atau rumah-rumah orang.
Burung pleci anakan

Anda yang mempunyai burung pleci anakan, entah itu anda dapatkan secara liar atau membeli, harus tahu cara merawatnya. Kuncinya adalah ketelatenan dan kesabaran. Untuk dapat bertahan hidup dan tumbuh berkembang, jelas anakan ini membutuhkan makanan. Makanan yang tepat untuk anakan ini diantaranya voer yang telah dicampur air dan kroto dan kemudian dibuat adonan. Cara memberi makanannya juga harus tepat. Anakan dari burung pleci ini biasanya tidak mau makan sendiri. Oleh karenanya anda harus melolohinya dengan cara membuka paruhnya dan masukkan adonan voer tersebut ke dalam paruhnya.
Burung pleci anakan

Burung pleci anakan ini memang sangat rentan. Salah sedikit dalam memberi makan justru akan membuat dia mati. Jika dalam percobaan membuat adonan voer dengan air dan kroto tadi justru membuat anakan pleci lemas atau sakit, jangan dilanjutkan. Anda dapat mengganti dengan campuran voer dengan air dan pisang atau pepaya. Kemungkinan anakan ini masih belum dapat mencerna kroto. Setelah agak besar, baru bisa ditambahkan kroto, jangkrik atau ulat untuk mendukung pertumbuhannya. Pemilihan voer juga tidak bisa sembarangan. Pilih voer yang lembut agar mudah dicerna. Pada voer ini anda dapat menambahkan juga multivitamin seperti BirdVit dan multimineral seperti BirdMineral.
Selain makanan, anda juga harus memperhatikan masalah kandang. Bersihkan kandang burung pleci anakan secara rutin. Kebersihan kandang akan membuat anakan pleci tetap terjaga kesehatannya. Kemudian, jauhkan kandang dari gangguan hewan lain seperti tikus, kucing atau ayam. Kandang anakan pleci lebih baik anda letakkan pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus pada saat musim panas. Penyesuaian suhu kandang dapat juga anda lakukan dengan mengatur ventilasi kandang saat musim hujan agar anakan ini tidak kedinginan. Jika anakan pleci ini sudah agak besar, anda harus rutin memandikannya dengan cara disemprot.
Merawat burung pleci anakan harus dilakukan dengan tepat untuk mendapatkan burung pleci dewasa yang sehat dan mempunyai kicauan merdu. Keunikan dari burung pleci ini adalah dia dapat menirukan kicauan dari burung lain. Jika anakan pleci sudah dapat berkicau dengan menirukan kicauan burung lain, artinya anakan pleci tersebut dalam keadaan sehat. Yang terpenting adalah anda memberi makan dan menjaga kandangnya dengan tepat.
Description: Burung pleci anakan harus tepat merawatnya. Jika anda salah merawatnya, anakan pleci ini rentan mati. Berikan makanan dengan makanan dan cara yang tepat serta menjaga kandangnya.





3 comments:

Fauzi Hanif said...

Kasih makan anakan pleci jangan banyak-banyak.. cukup dengan perut jangkrik dan bubur sun saja.. kalau sudah bisa makan sendiri baru diberi voor yang dicampur dengan bubur sun juga.. baca artikel dibawah ini untuk menambah pengetahuan anda tentang burung pleci
Cara Merawat Pleci Lolohan Dengan Benar
Cara Ternak Pleci Mudah dan Berhasil
Cara Pemasteran Pleci yang Benar
Memilih Piyikan Pleci Jantan

Unknown said...

Kira2 umur brapa anakan pleci dapat di pisah sama anakan lainnya master..

Angga Zulkarnain said...

Saya baru dapet burung pleci anakan didepan rumah pas pintu masuk lagi teriak teriak saya tangkep, lalu saya bingung harus di apain master saya ingin merawatnya tolong infonya master

Post a Comment