Cara Jitu Untuk Membuat Burung Pleci Cepat Ngeplong




Ngeplong adalah istilah dalam dunia burung yang berarti berkicau dengan lantang dan keras dengan volume suara yang relatif besar. Posisi paruh burung saat ngeplong adalah dengan membukanya namun keluaran suara masih berupa tembakan pendek. Ngeplongnya burung ini tergantung dari perawatan yang anda lakukan. Termasuk membuat burung pleci cepat ngeplong. Burung pleci yang sudah ngeplong biasanya lancar untuk ke tahapan selanjutnya, yakni ngalas. Upaya jitu yang harus anda lakukan agar pleci anda cepat ngeplong ada bermacam-macam.

Mari Simak Cara Jitu Untuk Membuat Burung Pleci Cepat Ngeplong Berikut :

Cara jitu pertama adalah dengan memberikan makanan yang tepat. Makanan yang dapat merangsang ngeplong burung adalah ulat hongkong. Pemberian ulat hongkong pada burung pleci harus melihat apakah pleci tersebut sudah mapan kicauannya atau nggacor. Dosis dari ulat hongkong yang diberikan pada burung pleci adalah antara 2 hingga 3 ekor dan diberikan tiap pagi. Cara untuk membuat burung pleci cepat ngeplong tidak hanya pada makanan. Perlakuan dan perawatan terhadap burung pleci juga menentukan. Selain itu, ada beberapa trik juga yang membuat ngeplongnya burung pleci bisa lebih cepat.
Lebih baik anda menyiapkan burung pleci yang sehat, agresif dan jantan. Ini karena pleci betina tidak akan ngeplong apalagi ngalas. Setelah anda bisa mendapatkan pleci jantan, langkah selanjutnya adalah melakukan pengembunan. Saat matahari terbit atau subuh, keluarkan burung pleci beserta kandangnya dari rumah. Udara pagi bisa membuat burung pleci anda terkena embun. Ini membuat pleci anda lebih segar dan rileks. Membuat burung pleci cepat ngeplong juga dapat dilakukan dengan cara memandikannya. Mandikan dengan semprotan halus atau jangan sampai burung plecinya terlalu basah. Anda juga harus menyiapkan cepuk dalam kandang agar pleci dapat meneruskan mandinya sendiri. Setelah mandi, jemur pleci selama 2 jam namun jangan diberi makan terlebih dahulu.
Setelah selesai dijemur, diamkan dahulu selama 1 jam dan kemudian beri makan. Asupan utamanya adalah ulat hongkong dengan dosis yang telah disebutkan diatas. Sebagai tambahannya, anda bisa memberikan makan buah. Tempatkan juga voer dalam kandangnya agar pleci mempunyai pilihan makanan. Tambahan lainnya yang dapat anda gunakan agar burung pleci cepat ngeplong adalah jangkrik dan ulat kandang. Pemberian ulat kandang cukup 4 ekor saja dan untuk jangkriknya cukup 1 ekor. Sebagai suplemen, anda juga dapat menambahkan tempat untuk madu.
Sedangkan trik lain untuk membuat burung pleci cepat ngeplong adalah dengan memberikan suara masteran. Maksud dari suara masteran adalah anda harus memberikan rangsangan pada burung pleci anda dengan suara burung lain yang merdu. Letakkan kandang burung pleci anda di dekat burung kenari, gelatik atau blackthoat. Kicauan dari burung-burung tersebut bisa memancing burung pleci anda untuk ngeplong karena di habitat aslinya, burung pleci senang berkicau bersahutan. Kemudian, kandang untuk pleci juga harus sewajarnya, artinya jangan terlalu besar dan jangan juga terlalu sempit. Pengaturan kandang bertujuan untuk mengatur perilaku pleci nantinya.
Kandang pleci juga perlu diletakkan di tempat yang biasa orang berlalu lalang. Dengan melihat orang, biasanya burung pleci cepat ngeplong. Rangsangan ini sebenarnya bukan hanya untuk pleci. Burung lain juga akan terangsang untuk berkicau jika melihat orang. Kandang juga harus tetap bersih agar pleci merasa nyaman. Terakhir, jangan letakkan pleci anda berdekatan dengan pleci lain. Suara pleci lain yang berjauhan justru dapat merangsang ngeplong.

No comments:

Post a Comment